Polisi Margasatwa AS Gunakan Robot Rusa Untuk Menangkap Pemburu Liar

Posted by on Oct 10, 2011 | Leave a Comment

Para pemburu rusa pada malam hari harus waspada, karena mungkin saja makhluk yang mereka incar di kegelapan tersebut hanyalah sebuah robot yang dikendalikan dengan remote control.

robot rusa

Polisi marga satwa di seluruh penjuru Amerika Serikat (AS) selama beberapa dekade terakhir telah membuat robot rusa sebagai umpan di pinggir jalan, guna menangkap pemburu yang tidak bermoral, dan usaha tersebut telah terbayar dengan ratusan penangkapan.

“Ada waktu setiap tahun dimana beberapa orang Utah tidak bisa menahan diri saat melihat seekot rusa besar berdiri di sisi jalan, walaupun pada malam hari dimana waktu berburu telah habis.” tutur Amy Canning, juru bicara Division of Wildlife Resources (DWR) Utah.

Utah mempunyai lima wilayah DWR, dan sekarang masing-masing memiliki umpan robot sendiri, yang digelar di berbagai tempat di sepanjang jalan raya dimana rusa sering berkumpul dan tempat favorit pemburu liar.

robot deerDiketahui, berburu tidak diperbolehkan pada malam hari di Utah, mulai setengah jam setelah matahari terbenam sampai setengah jam sebelum matahari terbit.

Menurut Sersan Matt Briggs, dari DWR, pihak berwenang biasanya menempatkan rusa mekanik didekat jalan, pada tempat yang dapat dilihat oleh mobil yang lewat. Kemudian mereka bersembunyi sambil mengawasi dari tempat aman, untuk menunggu seseorang terkena umpan, dan kadang-kadang menggunakan remote control untuk menggerakan kepala dan ekor robot untuk membuatnya terlihat serealistis mungkin.

Para pemburu liar di Utah dikenai tindak pidana ringan, dengan hukuman enam bulan penjara dan denda hingga Rp90 juta. Selain itu pihak berwenang juga menyita senjata mereka.

Briggs juga menceritakan bahwa ia sering melihat para pemburu kebingungan, karena rusa tersebut tidak juga jatuh setelah terkena puluhan peluru senapan atau panah.

“Aku pernah melihat seorang pemburu menembak rusa mekanik tersebut dengan senapan kaliber 30, dan bertanya-tanya mengapa rusa itu tidak juga roboh setelah ia menembaknya beberapa kali.” ungkap Briggs sambil menambhakan bahwa hal tersebut kadang sangat menghibur.

mechanical deer

Di tempat lain, para pemburu telah menjadi lebih waspada untuk menembak buruan di pinggir jalan, karena selain takut ditangkap, rasa malu terhadap pemburu lain juga menjadi penyebabnya.

‘Jika seseorang tertangkap menembak rusa di jalan, itu akan meruntuhkan reputasi mereka sebagai pemburu dan menjadi malu pada pemburu lokal lain.” kata Letnan Bill Bruce dari Departemen Sumber Daya Alam Indiana.

Sumber : dailymail

Sharing is Caring: Facebook | Twitter | Digg | Google

Leave a comment

ads manadotoday Advertisement

Subscription

You can subscribe by e-mail to receive news updates and breaking stories.