Pasukan Uni Afrika Buru Joseph Kony

Posted by on Mar 24, 2012 | Leave a Comment

Joseph Kony 2012

Joseph Kony dituduh melakukan kejahatan perang dan merekrut anak-anak menjadi tentara

Uni Afrika mengatakan bahwa pasukannya yang berkekuatan 5.000 orang selalu siap untuk menangkap atau membunuh penjahat perang asal Kongo yaitu Joseph Kony.
Kony dengan Tentara Perlawanan Tuhannya (LRA) dituduh melakukan pemerkosaan, mutilasi, pembunuhan dan perekrutan tentara anak.
Utusan PBB untuk Uni Afrika, Abou Moussa mengatakan bahwa Kony diyakini berada di Republik Afrika Tengah.
Selain itu, Moussa mengatakan bahwa saat ini kekuatan LRA telah menyusut, tetapi mereka masih menciptakan kekacauan.
Kony dan para pembantu dekatnya telah menjadi buronan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag sejak tahun 2005.
Misi Uni Afrika ini datang setelah kampanye besar-besar Internet yang menargetkan sang pemimpin LRA agar segera ditangkap dan diadili. Dimana video berjudul “Kony2012″ telah menjadi hit dan dilihat lebih dari 100 juta kali di YouTube.
“Kita perlu berhenti Kony dengan militer dalam hal ini. Kami mempunyai misi untuk menghentikannya.” kata Francisco Madeira, utusan khusus Uni Afrika terhadap LRA.
Moussa saat berbicara di Entebbe, Uganda, di mana menteri Afrika sepakat dengan strategi baru, mengatakan kekuatan LRA diyakini telah berkurang antara 200 dan 700 pengikut, tetapi tetap sebagai ancaman.
“Kami memiliki informasi bahwa dia (Kony) mungkin berada Republik Afrika Tengah. Yang paling penting adalah tak peduli betapa sedikit kekuatan LRA, namun mereka masih merupakan bahaya. Mereka terus menyerang dan menciptakan kekacauan.” jelas Moussa.
Pasukan Uni Afrika dikomandoi oleh Uganda, dan terdiri dari tentara dari Uganda, Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah dan Kongo, negara-negara tempat LRA beroperasi.
Wartawan BBC, James Copnall di Khartoum mengatakan bahwa pasukan Uni Afrika tersebut menghadapi tugas yang sulit di wilayah yang luas, dan meminta AS untuk memasok pesawat dan teknologi satelit untuk membantu melacak LRA.
Kampanye teror LRA dimulai di Uganda utara lebih dari 20 tahun yang lalu ketika mengatakan mereka berjuang untuk sebuah negara Alkitab dan atas hak-hak orang-orang Acholi dari Uganda utara. Dan Amerika Serikat telah mendaftarkan LRA sebagai salah satu organisasi teroris.
Kony menolak menandatangani kesepakatan damai dengan pemerintah Uganda pada tahun 2008, ketika mereka tidak bisa menjamin penarikan surat perintah penangkapan atas dirinya dari ICC.

Sharing is Caring: Facebook | Twitter | Digg | Google

Leave a comment

ads manadotoday Advertisement

Subscription

You can subscribe by e-mail to receive news updates and breaking stories.